Forum untuk pecinta Anime, Manga dan Jepang
 
IndeksCalendarFAQAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Visual Novel for Beginner

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Kazuhiko

avatar

Jumlah posting : 34
Points : 63
Reputation : 7
Join date : 19.06.11
Lokasi : Kamar

PostSubyek: Visual Novel for Beginner    Mon Jun 20, 2011 10:55 pm

Pengantar Mengenal Visual Novel, Bila Anda Baru Pertama Kali Mendengarnya


Visual Novel (terjemahan bebas: novel visual) adalah sebuah penyebutan umum untuk permainan dengan model gameplay semi-interaktif, dengan grafis statis, dan umumnya anda hanya mengikuti plot ceritanya saja. Simpelnya adalah, anda kini dapat membaca sebuah novel (atau buku cerita) namun dengan ilustrasi gambar, sehingga anda akan mendapat pengalaman membaca yang lebih menyenangkan.

Meski dengan definisi demikian, VN akan dikira sebagai usaha “memindahkan e-book ke dalam permainan”, namun pada beberapa titik akan muncul “saat memilih (decision point)” sehingga anda harus memilih pilihan yang disediakan, dan anda dapat melihat kemungkinan cerita yang terjadi bila anda memilih opsi itu. Kalau anda biasa membaca novel, simpelnya seperti mengadaptasi cara membaca novel Goosebumps ke dalam aplikasi komputer.

Bila anda sebelumnya biasa bermain permainan asal Barat, anda akan terheran-heran ketika memulai memainkan sebuah VN untuk pertama kalinya. Tidak ada gameplay masif seperti yang anda temukan pada game asal Barat. Yang ada, anda mengikuti cerita yang disajikan. Karena itu, daya tarik utama daripada sebuah VN adalah pada unsur desain dan gambar (artwork) juga plot cerita yang dikemas menarik.

Walau demikian, jangan anggap remeh! Banyak sekali film anime yang diadaptasi dari permainan sejenis ini. Contoh mudahnya, siapa yang tidak kenal Tsukihime, Fate Stay Night, dan Clannad? Ketiga permainan ini diadaptasi dari VN berjudul sama. Dan menariknya, bila anda memainkan VNnya, anda bisa menemukan rute atau jalan cerita (simpelnya: alternative ending) kalau anda merasa tidak puas dengan animenya!

VN memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh banyak permainan lainnya. Sebuah komputer yang tidak memiliki VGA gila-gilaan pun dapat memainkan VN. Kasarnya, anda dapat memainkan VN dengan modal OS Windows XP, RAM 256MB, dan space HDD sesuai dengan ukuran VN tersebut. Anda bisa melengkapinya dengan sebuah speaker, kalau anda berminat. Tidak lebih dari itu. Tidak ada target FPS. Tidak ada fungsi yang membebani komputer anda. Cukup jalankan aplikasi, dan baca!

Timbul pertanyaan, bagaimana dengan kontennya? Mungkin anda agak kaget ketika melihat pola generiknya. Nyaris semua VN yang kini tersedia di pasaran, mengandung konten dewasa. Ini masuk akal, terkait judul yang mendominasi pasaran rata-rata berbau “gaet perempuan”. Anda bisa mengulang gameplay sebuah VN, untuk mendapat semua route (dan, ups.. ecchi scene yang lain) yang ada dari sebuah VN. Solusi bagus, kalau anda suka dengan hal ini, meski kenyataannya konten dewasa ini komposisinya tidak pernah lebih dari 10 persen dari jalan cerita yang dijalankan (10 persen pun sudah termasuk banyak.) Kabar gembiranya, anda pun bisa melewati adegan ini bila anda tidak menyukainya (Maaf, Key!) – tekan Ctrl dan biasanya anda bisa melampauinya –

Soal bahasa, tidak lengkap bila tidak membahas hal ini. Kebanyakan VN yang ada menggunakan bahasa Jepang (rasanya karena kebanyakan VN berasal dari Jepang), walau ada pula rilis resmi versi bahasa Inggris, dan juga rilis terjemahan yang dibuat oleh penggemar. Salah satu effort menerjemahkan VN paling ambisius adalah penerjemahan VN Clannad (yang memiliki lebih dari 62.830 baris dalam permainannya), dan selesai tahun 2009 ini.

Walau demikian, bila sebuah VN tidak memiliki translasi bahasa Inggris, anda tetap dapat memainkannya dengan sedikit trik. Terjemahannya tidak akurat, namun dengan pengalaman mendengarkan yang cukup baik, teks dan audio akan membuat anda mendapatkan 70 persen gambaran dari sebuah VN. Lebih baik ketimbang tanpa bantuan sama sekali, bukan?
Jadi, apa yang anda tunggu? Mari mulai main VN pertama anda!

Menggunakan Pengaturan Regional & Language Options Untuk Bermain VN

Tanpa perlakuan apapun, permainan yang anda buka biasanya bisa berjalan. Masalah timbul, saat karakter yang keluar bukan karakter kana/kanji, tetapi malah simbol-simbol yang gak jelas! Atau error lainnya saat anda mau memainkannya!

Untuk bisa menampilkan karakter non-Latin secara benar, anda harus menempuh langkah ini terlebih dahulu. Cara ini akan membuat program yang tadinya tidak dapat menggunakan font Japanese, bisa menggunakannya.

1.buka control panel
Spoiler:
 

2.buka Regional and Language Options
Spoiler:
 

3.Di tab Languages pastikan pilihan Install Files for East Asian Languages terpilih. Kalau tidak, tandai. Bila diminta memasukkan CD instalasi Windows XP, lakukan saja.
Spoiler:
 

4.Sentuhan akhir, jadikan Language for non-Unicode Programs jadi Japanese.
Kemudian, restart komputer anda.
Spoiler:
 

---
Thread ini di kutip dari Kaori,
Credit goes to Admin kaori,oom Shin
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
erohimecchi
Moderator
Moderator
avatar

Jumlah posting : 1318
Points : 1451
Reputation : 67
Join date : 19.06.11
Age : 21
Lokasi : Cipinang, Jakarta Timur

PostSubyek: Re: Visual Novel for Beginner    Tue Jun 21, 2011 9:11 am

sip, bagus buat para pemula yang pengen main VN

________________________________________

KAORI Nusantara | PIXIV | Facebook | Twitter
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.pixiv.net/member.php?id=3056469
 
Visual Novel for Beginner
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» PROJECT VISUAL NOVEL[Need Volunteer]
» Installing ZX10R Exahust on Ninja 250R

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
AMJD :: Video Game :: PC Game :: Visual Novel-
Navigasi: